Rabu, 25 April 2012

Cara Kerja Scanner

 
Pengertian scanner adalah Merupakan alat duplikat yang diperkecil menyerupai mesin photocopy, tetapi memiliki perbedaan yaitu fotocopy hasilnya juga langsung bisa anda lihat pada secarik kertas yang keluar dari mesin, sedangakan scaner hasilnya ditampilkan pada monitor PC ( Personal Computer ) atau Laptop anda terlebih dahulu yang kemudian baru dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan picture. Selain bentuk dan ukurannya yang bermacam macam, sekarang scaner mengeluarkan produk baru, yang dikeluarkan oleh WizCom Technologies Inc. Scanner yang berukuran pena ini berkapasitas simpanan hingga 1.000 halaman text cetak yang kemudian mentransfernya kepada PC anda. Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Cara kerja scaner dimulai saat anda menekan tombol mouse untuk memulai scanning.
  1. Penekanan yang anda lakukan pada tombol mouse mengendalikan semua kecepatan mesin scaner anda. Mesin yang terletak pada mesin scaner anda mengarahkan dalam proses sunting scanning yang sedang berlangsung. Kemudian proses pengiriman dilakukan oleh unit scanning ke tempat yang sesuai pada jalur  scanning.
  2. Nyala lampu yang terlihat secara otomatis pada alat scan anda itu menandakan bahwa proses scanning sedang berlangsung saat itu.
  3. Ketika terlihat lampu scan yang menyala tadi sudah tidak aktif atau padam, artinya proses scanning yang berlangsung sudah selsai, dan hasilnya juga sudah langsung dapat anda lihat pada monitor PC anda.
  4. Apabila anda ingin merubah hasilnya anda bisa memakai software gratisan di internet seperti photoscape atau photoshop.
Scaner memiliki 2 perbedaan mendasar dalam hal memeriksa warna gambar.Tipe pertama dengan sekali melakukan scanning, scanner menyimpan seluruh warna yang terdeksi pada saat itu juga. Kemudian tipe kedua dengan tiga kali melakukan scanning untuk mengindeks beberapa warna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar