Minggu, 12 Februari 2012

Pemanfaatan Internet Dalam Pendidikan


Pemanfaatan internet dalam pendidikan sekarang ini memiliki peranan yang sangat penting. Dimana pemanfaatan internet di bidang pendidikan dapat dirasakan bukan hanya oleh siswa saja, tapi juga oleh tenaga pengajar yang semakin dipermudah dengan adanya informasi gratis yang dapat diakses dimana saja oleh siswa.

Pemanfaatan internet dalam pendidikan salah satunya adalah sebagai media bersosialisasi oleh siswa, dimana siswa tidak hanya terfokus dengan dunia belajar monoton yang kadang membuat semangat belajar menurun. Dengan adanya layanan internet, peserta didik dapat belajar dengan cara santai, santai disini bukan berarti tidak bersungguh-sungguh, namun lebih kepada cara belajar yang disukai oleh siswa yaitu belajar melalui internet.

Pemanfaatan internet dalam pembelajaran dapat dirasakan jika penggunaan internet dapat terkontrol sehingga adanya penyalahgunaan teknologi internet dapat dihindari. Hal ini dapat tercapai tentu saja harus dengan bantuan orang tua sebagai pengawas terhadap anak-anak yang kadang menggunakan internet untuk hal-hal negatif.

Jika keseluruhan komponen pendidikan mulai dari siswa, guru, sampai orang tua bekerja sama dalam mendidik siswa, maka media internet akan menjadi salah satu sarana berlangsungnya proses belajar-mengajar yang tepat guna dan terarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar