Rabu, 01 Februari 2012

TV China Hidup Sebentar Mati Lagi


Kemarin pagi saya mengerjakan satu jenis TV rusak mati yang sebenarnya belum lama ini habis saya ganti mesin TVnya dengan mesin TV China dan ternyata tidak bertahan lama televisi tersebut sudah kembali mengalami kerusakan.

Awalnya televisi tersebut rusak dengan gejala tegangan dari flyback tidak mau keluar, kemudian saya putuskan untuk menggantinya dengan mesin TV baru seharga 160 ribu. Ternyata belum ada seminggu televisi sudah kembali rusak dan kali ini kerusakannya mati total.

Karena masih under warranty, sayapun segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Dan bagian yang mengalami kerusakan adalah pada power supply, transsistor power dan salah satu transistor kecil disebelahnya short.

Setelah kedua komponen tersebut saya ganti, akhirnya TV sudah kembali menyala normal. Dan yang saya lakukan untuk mengantisipasi kejadian TV hidup sebentar mati lagi seperti ini adalah dengan menurunkan besarnya tegangan B+, jadi harapannya tidak akan timbul lagi kerusakan yang sama di lain hari nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar