Senin, 02 Januari 2012

Cara Copy CD Yang Rusak :: Burn CD Rusak

Bagaimanakah cara copy CD yang rusak agar dapat kita selamatkan data atau video yang terdapat didalamnya? Kalau kita menemui permasalahan ini pasti akan bingung karena memang kalau CD atau VCD sudah tergores atau rusak maka untuk dapat meng-copynya tidaklah mudah seperti meng-copy CD yang masih mulus.

Jangankan untuk dicopy, kadang kalau kondisi CD sudah tergores, saat dibuka pada DVD player pun video yang dihasilkan akan tersangkut-sangkut atau macet. Kalau kita menjumpai permasalahan ini saat mau meng-copy CD, cara copy CD yang rusak tidaklah sama dengan biasanya, tapi melakukan burn CD rusak ini diperlukan bantuan sejenis software recovery.

Ada banyak macam software recovery yang terdapat di internet baik yang gratis maupun yang memerlukan registrasi. Disini saya ambil contoh salah satu software file recovery yang banyak digunakan yaitu CD Recovery Tool Box.

Kalau anda belum mempunyai software tersebut, silahkan mencarinya di internet dengan cara googling, karena sudah banyak sekali yang meng-upload softwarenya dan dapat di download secara gratis.

Jika anda sudah mendapatkan software recovery ini, maka akan sangat mudah melakukan back up CD yang rusak, karena dalam menu software tersebut sudah tertulis jelas bagaimana step by step yang dapat anda lakukan untuk mem-back up CD yang sudah rusak dan di burn pada CD baru yang masih bagus.

Catatan, cara meng-copy CD rusak menggunakan bantuan software recovery ini tidak selamanya berhasil. Adakalanya kalau CD sudah benar-benar tidak dapat terbaca, maka kemungkinan akan gagal untuk di recovery. Setidaknya kita sudah mencoba menyelamatkan CD yang rusak apalagi didalamnya terdapat data-data penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar