Sabtu, 28 Januari 2012

Flyback TV Bocor Semakin Banyak


Kemarin saya pernah menulis tentang kelemahan mesin TV China yang kebanyakan mengalami kerusakan pada bagian flybacknya. Ternyata TV rakitan yang pernah saya kerjakan rata-rata memang setelah jangka waktu tertentu rusak dibagian yang sama yaitu bagian flyback/ FBT.

Itu terjadi yang paling banyak adalah pada musim hujan ini, jadi kesimpulan saya antara cuaca yang dingin dan mengembun ada kaitannya dengan tegangan anoda flyback yang pada akhirnya dapat menyebabkan flyback bocor.
Sekarang yang saya lakukan adalah menyiapkan spare flyback sebanyak-banyaknya. Ada cara yang lebih murah sebenarnya untuk mengatasi TV rusak flyback ini, yaitu dengan mengganti pada bagian yang bocor.

Dalam hal ini adalah pada kabel anoda yang berwarna merah, karena bagian inilah yang rusak jadi dapat dicabut dan dibelikan kabel baru. Harganya jauh lebih murah daripada harus membeli flyback baru, namun untuk kualitas atau ke-awetan saya masih belum bisa menjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar