Kamis, 26 Januari 2012

Service TV TCL Mati Total


Service TV TCL Mati Total - Awalnya saya agak lega, mendapat kerusakan TV merk TCL yang tidak ada power sama sekali. Yang jelas tidak jauh-jauh dari kerusakan power supply, pikir saya karena pada saat saya buka kondisi televisi dalam keadaan mati total.

Segera saya ukur transistor power supply, ternyata memang transistor mati. Setelah saya lihat ternyata masih ada komponen lain yang rusak yaitu PTC rusak dalam keadaan terbakar. Kedua komponen tersebut segera saya ganti, kemudian tv saya hidupkan.

Dan apa yang terjadi? Setelah TV hidup dan semua tegangan masuk, ternyata timbul masalah yang lebih serius yakni TV mengeluarkan bunyi (E13), dan filamen CRT menyala terang (sparking).

Tidak lama kemudian listrik PLN juga turun, lengkap sudah. Ternyata setelah saya perbaiki dan diganti semua komponen, TV tersebut menunjukkan kerusakan yang sebenarnya yaitu tabung/ CRT rusak.

Segera TV saya tutup dan menunggu untuk diganti CRT, tapi untuk saat ini saya tidak mempunyai stok CRT. Jadi televisi harus dipending dahulu sampai batas waktu yang tidak pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar