Rabu, 25 Januari 2012

Service TV Samsung Flat Gambar Garis


Service TV Samsung flat gambar garis tengah ini adalah kelanjutan dari kegagalan saya dalam menangani pasien, setelah sebelumnya saya gagal service TV TCL, kali ini TV Samsung yang saya kerjakan juga tidak menemui penyelesaian.

Mungkin memang ada kalanya kita tidak harus melihat sebuah pekerjaan dari hasil yang dicapai, tapi bagaimana kita memperlihatkan kesungguhan dalam menangani pekerjaan tersebut (korban iklan, hehe).

Okey, jadi begini, pagi ini saya buru-buru mendatangi rumah seorang klien yang TVnya rusak dengan gejala gambar hanya bergaris vertikal di tengah layar. Televisi Samsung 21 inch layar datar, saya sudah mengira sebelumnya kalau kerusakan seperti ini tidak akan berjalan mulus jika diperbaiki.

Karena memang kalau sudah menyangkut kerusakan Yoke, sangat susah untuk mendapatkan solusi yang tepat. Kalau diganti mesin TV, belum tentu sesuai dengan karakteristik dari CRT Samsung.

Dan ternyata benar, setelah televisi saya buka, semua komponen saya teliti tidak ada yang mati. Transistor horizontal dalam keadaan panas, keluar bunyi berdenging, dan tegangan seperti terhambat.

Gejala yang sangat meyakinkan untuk memutuskan kalau TV tersebut mengalami kerusakan pada defleksi yoke. Untuk meyakinkan, saya coba menghubungi beberapa teman teknisi, dan ternyata memang Yoke-lah yang bermasalah.

Langkah terakhir adalah memeriksa lilitan Yoke dan mengukur semua kapasitor daerah flyback, tapi hasilnya nihil. Dan akhirnya televisi-pun saya tutup dengan penjelasan seterang-terangnya kepada pemilik TV tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar