Sabtu, 21 Januari 2012

Penyebab TV Polytron 21 inch Rusak [Gambar Blanking]

[caption id="attachment_86" align="alignnone" width="259" caption="Monitor Rusak dan Blang"][/caption]


Tak terasa, sudah beberapa minggu tidak menulis di blog ini, blog yang saya khususkan untuk dokumentasi hal-hal seputar teknisi. Terakhir menulis artikel disini sekitar pertengahan bulan yang lalu yaitu pada posting menjadi teknisi computer yang handal

Di samping karena kesibukan mengurus blog-blog lain, beberapa hari terakhir ini saya lumayan sibuk di dunia offline sebagai teknisi computer yang terampil . Bukan hanya perangkat komputer saja yang harus saya perbaiki, namun sekarang lebih mengarah pada barang-barang elektronika seperti televisi dan LCD monitor.

Dan yang kebanyakan saya kerjakan saat ini adalah televisi dengan mesin pasaran China yang cukup rentan akan kerusakan. Terakhir, saya mendapat job service televisi Polytron 21 inch dengan gejala kerusakan gambar yang muncul pada layar hanya warna biru bercampur blur.

Saya agak lega karena televisi sekelas Polytron mungkin tidak terlalu rumit jika mengalami kerusakan, seperti yang pernah saya tulis beberapa bulan yang lalu pada artikel service TVpolytron

Namun setelah casing dibuka, ternyata ada kejutan yang tidak saya sangka sebelumnya. TV Polytron dengan layar CRT 21 inch tersebut ternyata sudah di modifikasi dengan mesin TV China. "Wah, luarnya saja yang cantik nih.. " batin saya, karena kalau sudah menyangkut barang-barang produk China memang cukup membuat runyam.

Dan memang benar, kerusakan yang ditandai dengan layar blur tersebut segera saya vonis bagian FBT yang rusak. Saya mengambil FBT China kemudian dicoba untuk dipasang, ternyata blur-nya hilang tapi tampilan pada layar masih tetap hanya warna biru, malah sekarang kelihatan kalau bercampur blanking juga.

Yang saya lakukan selanjutnya adalah mencari darimana asal blanking tersebut, karena yang dominan di layar adalah warna biru, maka kesimpulan saya pada jalur warna biru-lah yang mengalami masalah. Setelah tegangan videoboard di ukur, ternyata memang benar tegangannya drop. Kecurigaan selanjutnya adalah pada transistor penguat warna, yaitu pada bagian warna biru dengan tipe transistornya C2482.

Karena saya tidak memiliki stok transistor dengan tipe yang sama, maka segera saya cari persamaannya yaitu memakai C2383 dan ternyata setelah dipasang tidak masalah. Dan dengan demikian selesailah service TV Polytron 21 inch yang ternyata sudah bermesin TV Cina yang membuat saya tertipu dengan penampilan luarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar