Senin, 23 Januari 2012

Service TV Toshiba Mati Kadang-Kadang


Setelah dua hari kemarin saya memperbaiki TV tidak ada yang berhasil, akhirnya hari ini service TV Toshiba mati kadang-kadang dan berhasil saya perbaiki. Awalnya saya kira televisi tersebut mengalami kerusakan power supply yang lumayan parah, karena kalau saya lihat modelnya adalah televisi Toshiba yang sudah berumur tua.

Kerusakannya adalah kalau sudah panas mati kadang-kadang, jadi kalau televisi sudah dihidupkan sekitar satu jam maka perlahan-lahan TV akan mati. Pemilik TV juga mengeluhkan kalau menu OSD pada layar tidak dapat hilang dan muncul tulisan Factory.

Kesimpulan saya selain rusak power, televisi tersebut juga mengalami error pada bagian program atau OSD menu, sehingga yang muncul adalah factory menu yang merupakan OSD menu untuk settingan awal di pabrik.

Namun setelah televisi saya buka, ternyata saya mendapat kejutan yang tidak disangka. Yang ber-merek Toshiba hanyalah covernya saja, sedangkan dalaman TV sudah diganti dengan mesin televisi China. Tentu saja hal ini malah memudahkan saya, karena secara otomatis berarti mesinnya tidak jadul-jadul amat. Jadi masih mudah dalam mencari kerusakannya.

Dan ternyata benar, kerusakan mati kadang-kadang saya atasi dengan melakukan solder ulang pada bagian power suppy dan mengganti capasitor/ elco B+ dengan nilai 150uF/ 200volt. Sedangkan masalah menu factory yang tidak mau hilang, ternyata hal tersebut dapat di atasi dengan melakukan setting pada remote control dari mesin TV China yang saya bawa.

Jadi begitulah kerusakan televisi yang saya dapatkan hari ini, tidak sesulit hari kemarin. Dan saya-pun mengakhiri aktifitas di dunia elektronika serta beriap-siap melanjutkan aktifitas ngeblog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar